Benarkah Kunyit Bermanfaat Untuk Mengatasi Nyeri Haid?

Benarkah Kunyit Bermanfaat Untuk Mengatasi Nyeri Haid?

Selamat datang di website www.obatpelancarhaidterbaik.com yang merupakan website khusus artikel untuk membahas mengenai permasalahan pada siklus menstruasi.

Dan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat kunyit untuk mengatasi nyeri haid..

Benarkah Kunyit Bermanfaat Untuk Mengatasi Nyeri Haid?

Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Nyeri Haid -, Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia tenggara. Kunyit merupakan bumbu yang biasa di tambahkan pada masakan, selain di jadikan untuk bumbu masakan ternyata kunyit memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk di konsumsi dan di jadikan obat.

Kandungan luar biasa dari kunyit mampu membantu mengatasi berbagai penyakit yang dapat menyerang Anda. Kunyit mengandung sifat obat, seperti mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat digunakan kunyit untuk membantu meringankan atau mengurangi gejala yang terjadi saat menstruasi. Diantaranya :

1. Kunyit Memerangi Pra Menstruasi Sindrom ( PMS )

Sindrom pramenstruasi adalah sejumlah gejala fisik dan emosional yang terjadi sebelum menstruasi. Wanita emosional bisa merasa mudah tersinggung, mengalami perubahan suasana hati dan depres. Sebagian juga memiliki kemarahan yang tidak terkendali. Secara fisik gejalanya bisa meliputi sakit kepala, flu, kembung, sakit otot, sakit punggung, dll.

Kurkumin berdasarkan sifat anti-inflamasinya membantu rasa sakit yang terjadi pada PMS dan juga bahan kimia otak yang dimodifikasi dan dengan demikian mengurangi perubahan mood dan depresi.

2. Mengurangi Rasa Sakit Dan Malaise

Curcumin memiliki anti-inflamasi dan antioksidan. Sebagai agen anti-inflamasi, kurkumin bekerja dengan cara berikut :

  • Menghambat aktivitas enzim peradangan seperti COX dan LOX
  • Menghambat migrasi sel kekebalan tubuh yang meningkatkan peradangan
  • Mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang berperan penting dalam rasa sakit dan pembengkakan

Hal ini membantu dalam mengurangi rasa sakit karena enzim ini juga terlibat dalam sensasi rasa sakit. Juga berdasarkan sifat antioksidannya, kurkumin mencegah pembentukan spesies oksigen reaktif yang juga berperan penting dalam persepsi rasa sakit.

Curkumin bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami dan juga bekerja dalam kombinasi obat penghilang rasa sakit, diklofenak. Aktivitas analgesik atau penghilang rasa sakit, formulasi khusus kurkumin, ditemukan sebanding dengan obat anti-inflamasi seperti acetaminophen dan nimesulide.

Manfaat lain dari aktivitas analgesik kunyit adalah bahwa hal itu tidak menyebabkan efek samping lambung seperti obat penghilang rasa sakit biasa.

3. Kunyit Bertindak Sebagai Agen Anti-spasmodik

Kram menstruasi atau sakit perut merupakan gejala yang paling umum terjadi selama atau sebelum menstruasi. Kunyit dan kurkumin sebagai agen anti-inflamasi memerangi rasa sakit dengan mengurangi produksi dan menghambat aktivitas agen inflamasi yang juga berperan besar dalam persepsi nyeri.

Kontraksi di dalam rahim dan usus diinduksi oleh agen eksternal. Dosis kurcuminoid dosis tinggi ditemukan untuk menghambat kontraksi dan melemaskan otot-otot halus usus dan rahim. Dapat disimpulkan bahwa pemberian kurkuminoid dapat membantu nyeri spasmodik yang terjadi pada perut dan rahim.

4. Dapat Mengurangi Mood Swings Atau Depresi Yang Berhubungan Dengan Menstruasi

Gangguan dysphoric pramenstruasi adalah kondisi dimana wanita menghadapi depresi berat, mudah tersinggung dan perubahan mood sebelum siklus menstruasi. Perubahan hormonal cenderung mempengaruhi mood.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kurkumin memiliki aktivitas anti-depresi dan dapat membantu mengurangi gejala gangguan depresi mayor. Studi pada hewan menunjukkan bahwa kurkumin memodulasi bahan kimia otak dan memperbaiki pertahanan antioksidan untuk mengatasi kecemasan seperti gejala.

Kemampuan curcumin ini untuk mempengaruhi zat kimia otak bisa di gunakan dalam mengatur suasana hati, gangguan tidur dan depresi seperti gejala yang berhubungan dengan menstruasi. Sebuah studi melaporkan bahwa ketika wanita yang menderita PMS diobati dengan kurkumin, tingkat BDNF mereka tinggi dan gejala mood PMS terkait rendah.

Selain itu, kunyit juga dapat membantu mengatasi permasalahan endometriosis dengan :

  • Mengurangi produksi bahan kimia peradangan
  • Mengurangi kadar estrogen dan menekan pertumbuhan lapisan rahim
  • Mengurangi suplai darah ke pertumbuhan endometrium yang tidak diinginkan
  • Menghancurkan sel kekebalan tubuh untuk mencegah perkembangan endometriosis

Itulah Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Permasalahan Nyeri Haid, Semoga Bermanfaat 🙂

Untuk Anda yang mengalami nyeri saat haid atau mengalami haid tidak teratur jangan sampai di biarkan, segera atasi permasalahan tersebut dengan obat herbal yang mampu membantu mengatasi permasalahan menstruasi secara aman, nyaman dan tentunya tanpa efek samping.

Obat herbal yang kami rekomendasikan sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan KLIK >> Cara Mengatasi Rasa Nyeri Berlebihan Saat Menstruasi

Post By : Obat Pelancar Haid Herbal Terbaik

BACA JUGA :

Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Nyeri Haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *